Melacak Jejak Sejarah Politeknik UBAYA

Universitas Surabaya yang didirikan oleh Ir. Ciputra telah mendirikan Politeknik Ubaya sebagai lembaga pendidkan yang akan berfokus pada keterampilan praktis dan kebutuhan industri. Pada tahun 1977, Politeknik Ubaya dikenal sebagai Lembaga Kejuruan Ajun Akuntan. Namun seiring berkembangnya masa serta mempertimbangkan aturan yang berlaku, Lembaga Kejuruan Ajun Akuntan diubah menjadi fakultas non-gelar dengan dua jurusan ialah Akuntan dan Pemasaran. Setahun kemudian, telah didirikannya School of Secretarial Management Sciences. Dan ketiga kejurusan tersebut semakin memeperkuat lahirnya Bussines English Learning Program pada tahun 1990. Selanjutnya tahun 1992 telah didirikannya study keempat sebagai Pusat Ekonomi Terapan menggunakan bobot yang sesuai dengan program Sarjana Administrasi Bisnis (BBA).
Tiga tahun kemudian, pada tahun 1995 telah timbul niat untuk mengubah Pusat Pendidikan Manajemen Bisnis Terapan (PPBMT) menjadi lembaga untuk mendirikan politeknik bernama Institut Bisnis dan Industri (PBI). Namun kemudian karena alasan birokrasi yang tidak dapat dihindari, nama PBI diubah kembali menjadi Program Pendidikan Bisnis dan Manajemen Terapan (PPBMT). Pada tahun ajaran 1998, tiga program studi PPBMT yaitu Akuntansi, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Administrasi memperoleh status pendaftaran berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.


Tujuan pendidikan tinggi akademik ialah untuk melatih lulusannya menjadi manajer Indonesia yang mampu memberikan kontribusi sebesar-besarnya dalam menyeimbangkan dinamika pembangunan sosial di era globalisasi dan mencapai keunggulan. Politekniklah yang harus memilih bentuk institusi atau lembaga pendidikan tinggi khusus yang tepat untuk membantu mencapai tujuan di atas. Hal ini dikarenakan sistem pendidikan politeknik dilaksanakan secara sangat intensif dan bercirikan praktik yang seimbang dan penguasaan yang baik. Selain itu, pelatihan di University of Applied Sciences secara ketat didasarkan pada 38 jam waktu pembelajaran perkuliahan. Hal ini juga yang membedakannya dengan institusi pendidikan tinggi lainnya seperti universitas, perguruan tinggi, lembaga penelitian dan institut, dan akademi. Mempertimbangkan hal tersebut di atas, PPBMT mulai menyelenggarakan program pendidikan tinggi berupa perguruan tinggi teknik bernama Politeknik UBAYA pada tahun ajaran 2000-2001.
Politeknik UBAYA didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 17. 23/D/0/1998 Tanggal 16 April 1998. Tiga program studi yaitu Akuntansi, Manajemen Pemasaran dan Kesekretariatan. Dalam perkembangan selanjutnya, Politeknik UBAYA menambah dua program studi lagi yaitu Bahasa Inggris Bisnis dan Perpajakan. Dibuka pada tahun ajaran 2002-2003 dengan izin Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 3426/D/T/2001 tanggal 2 November 2001.