SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO

Jl. RA. Basuni No. 05 Sooko Mojokerto Jawa Timur

Terwujudnya Pendidikan Vokasi Berstandar Nasional dan Internasional

Siswa dan Gawai

Selasa, 13 Februari 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 261 Kali

Gawai? Pernah dengar kata tersebut? saya baru kemarin mendengar kata Gawai.

ga.wai1

  • n kerja; pekerjaan

ga.wai2

  1. n kl alat; perkakas
  2. n peranti elektronik atau mekanik dengan fungsi praktis; gadget

(kkbi.kemdibud.go.id/entri/gawai)

begitulah kira-kira definisi singkat tentang gawai atau kata lain dari gadget.

Kata "gawai" inilah yang digunakan oleh Ibu Agustien Indrawati dalam Apel Pagi yang dilaksanakan pada hari Senin (12/2/2018) di lapangan SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Ibu Agustien menjelaskan tentang dampak gawai bagi pelajar, khususnya siswa SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Gawai mempunyai sisi negatif dan positif, tergantung penggunanya, begitupun siswa.

Gawai dapat membantu siswa dalam pembelajaran di kelas, mengerjakan kuis daring, berkirim tugas melalui surat elektronik. Di sisi lain, gawai juga berdampak negatif bagi siswa, yaitu kecanduan. Siswa yang kecanduan gawai, dia akan secara terus menerus merasa ketergantungan dalam menggunakan gawai, terutama media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat. Dampak negatif maupun positif dapat dikendalikan apabila siswa mampu menggunakan gawai sesuai dengan kebutuhannya. Salah satu cara untuk mengendalikan penggunaan gawai di sekolah adalah dengan menyimpan gawai di loker pada saat pembelajaran. Apabila guru meminta siswa menggunakan gawai, maka siswa akan diizinkan untuk menggunakan gawai dalam pembelajaran di kelas.

Gawai tidak hanya diartikan telepon seluler, komputer jinjing dan komputer pribadi juga dikategorikan sebagai gawai. Semoga kita dapat menggunakan gawai sesuai dengan kebutuhan. [LH]

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT