SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO

Jl. RA. Basuni No. 05 Sooko Mojokerto Jawa Timur

Terwujudnya Pendidikan Vokasi Berstandar Nasional dan Internasional

SMKN 1 Sooko Bebas Difteri

Jum'at, 02 Maret 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 631 Kali

SMK Negeri 1 Sooko bekerjasama dengan UPT Puskemas Sooko Kabupaten Mojokerto mengadakan suntikan imunisasi difteri bagi seluruh siswa SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto pada hari Jumat (02/03/2018) di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Tujuan dari pemberian imunisasi ini adalah agar seluruh siswa SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto terhindar dari wabah difteri.

Difteri adalah infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium. Gejalanya berupa sakit tenggorokan, demam, dan terbentuknya lapisan di amandel dan tenggorokan. Dalam kasus yang parah, infeksi bisa menyebar ke organ tubuh lain seperti jantung dan sistem saraf. Beberapa pasien juga mengalami infeksi kulit. Bakteri penyebab penyakit ini menghasilkan racun yang berbahaya jika menyebar ke bagian tubuh lain.

Menurut Kompas.com (11/12/2017) menyatakan bahwa 38 anak Indonesia telah meninggal dunia karena difteri. Belum berakhir, masih ada sekitar 600 anak dari 120 kota kabupaten di Indonesia sedang berjuang melawan penyakit ini. Penyakit yang dibawa oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae timbul karena masyarakat tidak pernah atau tidak lengkap dalam melakukan imunisasi anti difteri. Imunisasi difteri yang terdapat dalam imunisasi DPT ( Difteri, Pertusis, dan Tetanus) tidak bisa hanya dilakukan satu dua kali saja. Harus lengkap. Bagi orangtua, hal ini dapat dilihat lagi dalam buku atau kartu imunisasi. Semoga SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto terbebas dari penyakit Difteri [LH dari berbagai sumber].

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT