SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO

Jl. RA. Basuni No. 05 Sooko Mojokerto Jawa Timur

Terwujudnya Pendidikan Vokasi Berstandar Nasional dan Internasional

Penerimaan Tamu Ambalan

Rabu, 17 Nopember 2021 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 84 Kali

Pramuka merupakan organisasi pendidikan kepramukaan satu-satunya yang mempunyai dasar hukum dari pemerintah setelah peleburan semua kepanduan. Kepramukaan adalah pendidikan nonformal yang diperkaya dengan pendidikan nilai-nilai kepramukaan dan diselenggarakan menurut metode kepramukaan. Metode kepramukaan yang dimaksud adalah belajar interaktif dan progresif di alam terbuka dengan bimbingan orang dewasa. Ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan (EWPK) adalah penerapan pendidikan kepramukaan dalam pembelajaran sehari-hari. Peserta didik diajak untuk menggali lebuh jauh materi yang dipelajari dengan metode kepramukaan. Tujuan akhir dari pendidikan kepramukaan adalah peserta didik yang berkarakter dengan memiliki keterampilan hidup, kesehatan yang baik, dan kepedulian terhadap lingkungan.

 

SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto sebagai salah satu lembaga pendidikan negeri di Kabupaten Mojokerto memiliki kewajiban sebagai yang diatur di dalam Pemendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang ekstrakurikuler wajib Pramuka di sekolah. Gugus Depan 01.091-01.0921 adalah gugus pramuka Dewan Ambalan Arjuna-Srikandi Pangkalan SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Salah satu kewajiban dan program kerja Pramuka SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto adalah penyambutan Tamu Ambalan (PTA) Gugus Depan 01.091-01.0921 Ambalan Arjuna-Srikandi Pangkalan SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto.

 

Pada masa pandemi, penerimaan tamu ambalan dibatasi jumlah siswanya, yaitu hanya perwakilan kelas yang terdiri dari 2 putra dan 2 putri setiap kelas, panitia yang beranggotakan Dewan Ambalan sebanyak 15 orang beserta kakak pembina dan wali kelas 10, serta dari unsur wakil kepala sekolah. Acara ini digelar selama satu hari, yaitu hari Jumat, 8 Oktober 2021, mulai pukul 13.30-15.00 WIB. Karena masih suasana pandemi, maka pelaksanaan Penerimaan Tamu Ambalan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat agar tidak menjadi klaster baru dalam penyebaran covid-19, yaitu wajib pakai masker, jaga jarak, selalu mencuci tangan pakai sabun, dan memakai hand sanitizer.

  

Acara ini juga diikuti oleh seluruh adik-adik kelas X SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto melalui video conference Zoom di rumah. Seluruh rangkaian acara dapat diikuti secara daring bagi siswa yang tidak terpilih sebagai perwakilan kelas. Siswa yang mengikuti acara Penyambutan Tamu Ambalan secara daring juga diwajibkan memakai pakai pramuka lengkap sebagaimana siswa yang mengikuti PTA secara luring di sekolah. Salam Pramuka!

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT