Dengan ilmu yang ia peroleh selama sekolah di pendidikan vokasi, Muhammad Azka Farhan berhasil menjadi pengusaha sari buah lemon. Salah satu lulusan pendidikan kewirausahaan di SMKN 9 Bandung itu, mengakui bahwa pendidikan vokasi di SMK benar-benar menyiapkan dan mendorong peserta didik SMK untuk menjadi wirausaha muda.
Azka mulai terinspirasi sejak Pandemi Covid 19, karena ia berpikir di masa pandemi tak sedikit orang memerlukan asupan yang mengandung Vitamin C. Hingga akhirnya Azka mulai berbisnis minuman yang terbuat dari sari buah lemon, yang dikenal sebagai One’D Lemon. Namun ia sempat gagal karena produknya yang sering rusak di jalan karena pakai Lemon California yang ternyata memiliki kandungan gas tinggi. Kemudian, Azka mulai bertanya-tanya kepada petani dan akhirnya ketemu buah lemon lokal premium dari Palembang yang hasilnya menjadi bagus sehingga bisa dikirim ke seluruh Indonesia.
Untuk meningkatkan strategi penjualannya, Azka juga mulai mempelajari pemasaran digital atau digital marketing melalui media sosial untuk meningkatkan penjualannya. Ia mengaku saat ini sudah memiliki delapan karyawan dengan omset yang bisa mencapai Rp100 juta per bulan. Azka juga tidak berhenti belajar dan melanjutkan pendidikannya dengan berkuliah di Universitas Bina Nusantara (Binus) jurusan Creativepreneurship yang mempelajari tentang manajemen bisnis.
Azka berpesan kepada para generasi muda untuk menjadi wirausaha harus memiliki pola pikir yang baik, dan tidak takut untuk mencoba belajar dari kesalahan.
“Buat yang masih merintis usaha, jangan pernah berhenti mencoba. Kalau gagal, coba terus sampe sukses, harus belajar dari kegagalan,” katanya.